Skip to content

tipat & rujak khas buleleng

October 26, 2012

Jajan Tipat Cantok dan Rujak Buleleng

Odilia Winneke – detikFood

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda

Jajan Tipat Cantok dan Rujak Buleleng
Foto: http://www.detikfood.com Jakarta – Pengin mencicipi makanan khas Bali yang sedap? Mampirlah ke warung ini. Tipat cantok yang berbalut bumbu kacang rasanya pedas-pedas gurih. Jajan Bali yang legit, gurih dan hangat bermandikan saus gula merah sungguh membelai lidah. Hmm… jangan lupa pesan juga rujak khas Bulelengnya!

Banyak yang bilang makanan khas Bali kurang sedap. Karena itulah saya sengaja berputar mencari-cari warung Mira yang ada di Jl. Katrangan, saat berada di Denpasar. Konon warung sederhana ini menawarkan makanan Bali yang sedap dan enak. Pencarian saya berakhir di warung sederhana,berupa ruangan ruko berisi beberapa kursi dan meja bundar dan panjang.

Menunya tertulis di papan putih di salah satu sisi tembok. Selain tipat cantok, ada plecing kebyos, plecing serelimo, rujak buleleng, jajan bali, jukut undis, rawon pangi, sudang lepet dan sate babi. Harga yang ditawarkan rata-rata Rp 5.000,00 per porsi. Harga yang lumayan murah untuk kawasan Denpasar.

Yang membuat saya makin yakin kalau makanan di warung ini sedap karena pembeli yang tak pernah surut baik yang jajan di tempat atau dibawa pulang. Di dalam lemari kaca saya melihat aneka jajan Bali yang masih hangat mengepul berikut semangkuk besar saus gula merah yang menguar wangi. Tawon-tawonpun berkeliaran mengitari wadah gula merahnya.

Rujak dan tipat yang dipesan akan diracik langsung. Diuleg di dalam cobek tanah yang besar. Hmm… langsung terbayang kesegaran si tipat dan rujak yang saya pesan. Tipat cantok ini tak lain adalah ketupat berikut sayuran berbumbu kacang. Jadi mirip lotek atau gado-gado uleg yang jadi favorit saya!

Plecing kebyos yang saya pesan disajikan lebih dulu. Isinya kangkung, kacang panjang dan tauge yang diberi topping kelapa parut berbumbu urap dan ditaburi kacang tanah goreng. Sedangkan jika diaduk jadi satu seperti urap disebut plecing serelimo.

Setelah diaduk rata, plecing ini rasanya sungguh sedap. Kacang panjang dan kangkungnya terasa krenyes segar beradu dengan bumbu kelapa yang pedas gurih plus kacang tanah goreng yang garing. Tak seperti urap, plecing ini tidak memakai kencur sehingga dominan aroma bawang putih dan cabai.

Porsi tipat cantoknya tak berapa besar. Potongan kecil ketupat berbaur dengan irisan tahu, tauge dan kacang panjang diselimuti bumbu kacang. Bumbu yang diuleg tak terlalu halus memberi jejak krenyes gurih yang enak. Ada smeburat pedas, gurih, manis dengan tonjokan bawang putih yang kuat. Taburan bawang merah goreng membuat tipat ini jadi sedap. Kesegarannya sangat terasa karena dibuat a la minute.

Aroma rujak yang sejak awal sudah menggoda saya ternyata memang dahsyat. Rujak gula cuka Buleleng ini memang khas kawasan Buleleng. Memakai gula merah Buleleng yang harum plus irisan tipis pisang batu. Buah-buahannya diserut tipis melebar panjang; pepaya mengkal, bengkuang, mangga muda, nanas dan timun. Bumbu rujaknya diaduk rata sehingga sedikit berair.

Sekali suap langsung terasa manis asam gula merah yang beradu dengan cabai yang pedas menggigit. Pas dimakan saat udara panas mulai menyengat. Huah..huah..pedas manis asam rujak ini ternyata justru membuat saya terpacu untuk menuntaskan rujak buleleng ini!Buat peredam rasa pedas menggigit di mulut seporsi jajan Bali pun jadi penumpasnya.

Jajan Bali dan lumpia goreng warung Mira ini memang tersohor. Yang disebut jajan Bali ini terdiri dari aneka jajan pasar. Pisang rai, yang terbuat dari adonan tepung beras, santan dan pisang, mirip kue pisang. Kue lak-lak yang berupa serabi mini berwarna hijau, lupis mini berbentuk segitiga, lulut alias putu mayang dan gendar ketan hitam yang diiris tipis.

Semua jajan ini diracik jadi satu, ditaburi kelapa parut dan dikucuri sirop gula merah. Rasa jajannya gurih manis dan segar karena masih hangat. Sirop gulanya selain legit juga menebarkan aroma wangi yang menusuk hidung.

Perlahan dan pasti kesedapan jajan Bali inipun memenuhi mulut yang tak bisa berhenti berkunyah. Ya, siapa bilang makanan Bali tak sedap? Yang satu ini bukan hanya sedap tetapi juga murah. Dengan Rp. 10.000,00 sudah bisa makan 2 porsi menu yang sedap mengenyangkan!

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: